aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Perbedaan Flashdisk dengan Hardisk dan Saran Memilih

Perbedaan Flashdisk dan Hardisk


Flashdisk dan hard disk merupakan salah satu media penyimpanan yang umum dan populer digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah sama anak kuliah.

Flashdisk dan hard disk menjadi pilihan karena harganya yang sekali bayar, berbeda dengan penyimpanan awan (cloud storage) yang biasanya berlangganan tiap bulan.

Untuk itu, kita harus paham dulu tentang flashdisk dan hard disk sebelum membelinya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan flashdisk dan hardisk serta juga diakhir artikel ada saran untuk memilih hard disk atau flash disk sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita mulai...

Apa Perbedaan Flashdisk dab Hardisk?

Meskipun sama-sama berperan sebagai media penyimpanan digital, flashdisk dan hardisk memiliki perbedaan masing-masing. Berikut adalah perbedaan flashdisk dan harddisk:

Jenis

Perbedaan pertama yang dapat kita identifikasi adalah mengenai jenis flashdisk dan hardisk yang berada dipasaran.

Flashdisk hanya mempunyai satu jenis saja.

Tetapi Hardisk mempunyai dua jenis, yaitu hard disk internal dan juga hard disk eksternal.

Hard disk internal atau hard disk laptop adalah hard disk yang terdapat di dalam laptop dan tidak dapat dipinda-pindahkan seperti flashdisk. Sedangkan, hard disk eksternal adalah hard disk portable yang bisa dipindah-pindahkan layaknya flashdisk.

Ukuran Fisik

Dari segi ukuran fisik, flashdisk mempunyai bentuk yang mini dan dapat dimasukkan dalam kantong. Sehingga akan lebih praktis dibawa tanpa ribet menanggung beban yang lebih besar.

Namun, bentuknya yang mungil tersebut dapat menjadi boomerang karena rawan hilang. Entah hilang karena lupa meletakkan atau hilang di jalanan.

Hard disk dengan bentuknya yang cukup besar memang sedikit memakan tempat penyimpanan kamu. Baik hard disk internal maupun internal, keduanya memiliki ukuran fisik yang cukup besar.

Bentuk yang besar tersebut membuat hard disk mudah ditemukan ketika kita lupa meletakkan.

Harga

Untuk harga, hard disk sedikit lebih murah dan mendapatkan kapasitas penyimpanan yang besar. Mulai dari 1tb sampai 16tb yang umum dipasaran.

Sementara itu, flashdisk mempunyai harga yang relatif lebih mahal dengan kapasitas penyimpanan kecil. Mulai dari 8gb sampai 1tb yang umum bereda dipasaran.

Namun, hardisk tidak memiliki kapasitas penyimpanan kecil seperti 8gb yang harganya terjangkau.

Kapasitas Penyimpanan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, hard disk mempunyai kapasitas penyimpanan lebih besar daripada flashdisk.

Karena ukuran fisik flashdisk lebih kecil, hal tersebut berbanding lurus dengan kapasitas penyimpanan yang dimiliki.

Fleksibilitas

Fleksibilitas menjadi salah satu perbedaan yang cukup menarik bagi sebagian orang karena kemudahannya untuk dibawa dan digunakan.

Hard disk dengan ukuran besar lebih sulit dibawa saat tidak memakai tas dalam hal ini untuk jenis hard disk yang internal.

Untuk hard disk internal maka kita tidak dapat membawanya secara portable karena sudah sepaket dan harus digunakan dan diletakkan di PC atau Laptop.

Sedangkan, flashdisk sangat mudah dibawah dengan hanya memasukkannya ke dalam saku. 

Perawatan

Perpedaan selanjutnya dapat dilihat dari segi perawatan yang digunakan untuk menjaga fungsionalitas dari kedua benda tersebut.

Perawatan yang baik akan membuat umur flashdisk maupun hard disk menjadi lebih lama dan terhindar dari resiko error, bahkan data yang hilang.

Perawatan untuk hard disk sedikit lebih ekstra, apalagi untuk kasus hard disk internal yang lebih rentan rusak jika diperlakukan kasar dan sembarangan.

Ketahanan

Perbedaan pada kasus ketahanan ini secara tidak langsung saling berkaitan dengan perawatan yang digunakan.

Flashdisk memang lebih tahan terhadap segala kondisi. Bahkan, terkena air atau jatuh pun masih tetap baik dan dapat berjalan dengan baik.

Hard disk internal tidak bisa sekuat dan setahan itu ketika diperlakukan sama dengan flashdisk. Tetapi hard disk eksternal mempunyai ketahanan yang lebih baik daripada harddisk internal.

Baiknya Beli Flashdisk atau Hardisk?

Pilih flashdik atau hardisk


Jawabannya...

Tergantung kebutuhan.

Pada kasus ini kita sedikit mengesampingkan hardisk internal yang merupakan kebutuhan wajib untuk komputer. Tanpa hardisk, komputer tidak akan berjalan karena hardisk dapat berfungsi sebagai media penyimpanan OS (Operatin System).

Sehingga, perbandingan ini berlaku untuk flashdisk dan hard disk eksternal.

Berikut adalah poin-poin yang dapat menjadi pertimbangan.
1. Jika kamu membutuhkan penyimpanan yang besar, 1tb atau 2tb, pilihlah hardisk. Namun, jika kebutuhan hanya untuk sekolah dan kuliah (umumnya kebutuhan penyimpanan tidak banyak), bisa gunakan flashdisk karena size atau kapasitas penyimpanannya relatif beragam. Mulai dari 8gb sampai 512gb.

2. Jika kebutuhan penyimpanan kamu sering digunakan diluar rumah, pilihlah flashdisk. Karena flashdisk lebih tahan banting dan tidak mudah rusak sekalipun terjatuh berkali-kali. Selain itu, bentuknya yang kecil akan mudah dibawa. Namun, jika hanya digunakan dirumah, bisa mempertimbangkan untuk membeli hardisk.

Dua poin tersebut dapat menjadi acuan ketika hendak membeli dua benda tersebut. Intinya jangan lupa perhatikan kebutuhan penyimpanan, besar atau kecil.

Dan yang paling penting adalah budget. ehehe

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar