aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

Perbedaan Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital

Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital


Istilah bandwidth pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian yang menyukai teknologi jaringan. Namun bagi kamu yang belum tahu dan paham, tenang saja.

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian bandwidth dan juga perbedaan antara bandwidth analog dan digital.

Mari kita mulai...

Pengertian Bandwidth

Bandwidth merupakan teknologi komunikasi yang sudah tidak asing di zaman sekarang ini. Penggunaan bandwidth sangat penting sebagai ukuran besar kecilnya cakupan yang bisa dilalui sinyal.
Bandwidth merupakan lebar atau luas cakupan frekuensi yang digunakan sinyal dalam media transmisi.

Bandwidth yang bisa juga disebut dengan lebarpita ini merupakan perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. Satuan sinyal yang dapat diukur dalam satuan Hertz (Hz)

Sementara itu, dalam ilmu komputer, bandwidth diartikan sebagai suatu perhitungan konsumsi data yang tersedia pada telekomunikasi. dihitung dalam satuan bits per second.

Jika diibaratkan, bandwidth adalah lebar jalan dan data adalah kendaraan yang melintas jalan tersebut.

Semakin lebar jalan maka akan semakin banyak kendaraan yang dapat melintas dalam waktu yang bersamaan. Begitu pula sebaliknya, semakin kecil lebar jalan maka kendaraan yang bisa lewat akan sedikit.

Bandwidth terbagi menjadi dua jenis, yaitu analog dan digital.

Perbedaan Bandwidth Analog dan Digital

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog merupakan perbedaan antara frekuensi terendah dengan tertinggi dalam rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz), yang menentukan berapa banyak data atau informasi dapat ditransmisikan dalam satu saat.

2. Bandwidth Digital

Sementara itu, bandwidth digital adalah jumlah data yang bisa ditransmisikan dalam saluran komunikasi dalam satuan bits per detik (second) tanpa adanya distorsi.

Sekian dulu, pembahasan artikel kali ini dan semoga bisa menambah wawasan serta pengetahuan kalian semua mengenai dunia teknologi.

Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar