aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

7 Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima yang Harus diketahui

Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima yang Harus diketahui


Komputer yang kita lihat sekarang ini tidak tercipta secara tiba-tiba, melainkan tercipta dari ribuan eksperimen yang dilakukan oleh para ahli.

Berawal dari komputer generasi pertama (1940-1956), komputer generasi kedua (1956-1963), komputer generasi ketiga (1964-1971), komputer generasi keempat (1971-2010) dan komputer generasi kelima (2010-sekarang).

Sekarang ini kita sedang berada pada generasi komputer ke lima. Meskipun secara teknologi informasi masih menggunakan komputer generasi keempat, tetapi sekarang ini akan memulai era baru.

Hal terbesar dalam perkembangan teknologi adalah artificial intelligence dan mempunyai potensi sangat besar untuk dapat melakukan hal-hal yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya.

Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima

Ciri-ciri Komputer Generasi Kelima

1. Penggunaan Artficial Intelligence (AI)

Komputer generasi kelima merupakan tahapan dasar untuk memulai kecerdasan buatan. Tujuan dari ini adalah menghilangkan kebutuhan akan pemrograman.

Sehingga nantinya komputer akan mempunyai sifat seperti manusia yang bisa belajar sendiri dan meningkatkan kemampuan seiring berjalannya waktu.

Komputer generasi kelima adalah AI yang juga disebut Artificial Intelligence. Tujuan dari generasi ini adalah untuk menghilangkan kebutuhan akan pemrograman. Perangkat tersebut dapat memiliki sifat seperti manusia. Perangkat juga dapat belajar sendiri dan dapat meningkat seiring berjalannya waktu.

2. Menggunakan Large Scale Integration (LSI) yang Telah dikembangkan

Large Scale Integration merupakan proses mengintegrasikan ribuan transitor pada microchip semikonduktor silikon tunggal.

Teknologi LSI ini pertama kali diciptakan pada pertengahan 1970-an ketika microchip prosesor komputer sedang dikembangkan.

LSI digunakan untuk menciptakan integrated circuits (IC) dalam bentuk yang sangat kecil.

Pada komputer generasi ke-5 ini penggunaan LSI semakin berkembang dan semakin baik.

3. Fitur-fitur Terbaru yang Semakin Modern dan Canggih

Penambahan fitur-fitur tentu saja terus ditambahkan untuk memenuhi dan membantu memaksimalkan pekerjaan penggunanya.

Fitur yang semakin canggih dan modern pada komputer generasi ke lima ini adalah hasil kerja keras para pencipta komputer yang berusaha membuat komputer lebih berguna.

4. Pemrosesan Data yang Lebih Cepat dari Komputer Generasi Sebelumnya

Dengan bertambahnya teknologi yang digunakan dalam komputer seperti teknologi chip yang semakin bagus membuat kinerja komputer generasi kelima ini semakin lebih baik dan juga stabil.

Pemuatan data yang semakin cepat akan sangat membantu manusia dalam melakukan pekerjaan, terlebih multitasking.

5. Penggunaan Media Penyimpanan Eksternal Sebagai Penyimpanan Media Luar

Penyimpanan luar seperti flashdisk sudah sudah digunakan pada komputer generasi kelima untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin hari semakin membutuhkan banyak ruang.

Dengan adanya penyimpanan eksternal juga akan membuat data bisa dipindahkan dengan mudah dari komputer satu ke komputer lain.

6. Ukuran Komputer Semakin Minimalis dan Kompak

Komputer generasi ke-5 ini mempunyai ukuran yang lebih minimalis dan juga relatif ideal untuk digunakan daripada komputer generasi sebelumnya.

Bentuk yang kompak akan membuat manusia lebih mudah dalam menyimpan dan tidak perlu membutuhkan ruang yang luas.

7. Penyimpanan Media (Hardisk) yang Bisa Mencapai Terabyte

Hal yang tidak kalah penting dari ciri-ciri komputer generasi ke lima ini adalah adanya penyimpanan yang semakin besar dalam bentuk hardisk.

Kapasitas penyimpanan yang mencapai terabyte akan sangat berguna sekali bagi manusia dan lebih membuat komputer mempunyai ruang yang besar.

Semoga bermanfaat!
Related Posts
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar